Cara Membuat Blog Gratis

Cara Membuat Blog - Sebenarnya perihal membuat blog telah saya posting jauh-jauh hari pada blog saya ini, namun karena suatu dan lain hal, postingan cara buat blog tersebut telah saya hapus. Namun pada kesempatan ini saya akan kembali membagikan tutorial cara bikin blog gratis di blogspot. Untuk itu silahkan simak terus tulisan ini hingga selesai apabila Anda memang ingin belajar membuat blog.

Gambar untuk Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

Apa itu Blog?

Itulah pertanyaan mendasar bagi mereka yang belum pernah mendengar akan "Blog". Blog adalah singkatan dari web log. Blog merupakan bentuk dari aplikasi web yang dapat digunakan untuk mempublikasikan tulisan-tulisan maupun gambar yang dimuat pada halaman web. Blog juga sering disebut web personal karena dikelola oleh satu orang saja (satu penulis/pengarang), walaupun sebagian juga ada yang memiliki beberapa penulis/pengarang).

Apa Fungsi Blog?

Sebuah blog pada dasarnya berfungsi sebagai media publikasi online untuk menyalurkan ide, tips, tutorial dan lainnya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam posting blog. Selain dari itu tidak sedikit para blogger yang menggunakan blog untuk berpromosi secara online sehingga menjadi sumber pendapatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Maka dari itu bagi Anda yang belum mengetahui lebih lanjut tentang blog, tidak ada salahnya Anda belajar blog agar bisa menghasilkan pendapatan dari aktifitas blogging.

Sejarah Blog

Blog awalnya di populerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs hingga akhirnya diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002. Semenjak itulah banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source (sumber terbuka) yang dipersembahkan untuk kepada perkembangan para penulis blog. (id.wikipedia.org)

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Setelah membaca penjelasan singkat diatas, tentu hal penting yang perlu kita ketahui ialah langkah-langkah membuat blog. Perihal Cara Membuat Blog memang tidaklah susah bagi mereka sudah cukup familiar di dunia blogging, namun bagi mereka yang baru saja hendak menggeluguti dunia ini, akan sedikit merasa kesulitan dalam membuat blog. Untuk itu berikut akan kami sajikan Tutorial lengkap cara membuat blog di blog sport.com.

Cara Membuat Blog di Blogger

1. Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum kita jauh menyelami tutorial cara buat blog ini adalah Anda harus sudah memiliki sebuah alamat email atau surat elektronik (Surel). Email itulah yang nantinya akan kita gunakan saat pendaftaran blogspot. Ada beberapa penyedia email gratis seperti Gmail, Yahoo, Hotmail dan lain-lain. Namun saran saya lebih baik menggunakan Gmail saja. Bagi yang belum mempunyai surel di Gmail, silahkan baca postingan saya yang berjudul Cara Membuat Email di Gmail. Pada postingan tersebut saya memandu Anda dalam buat email.

2. Setelah Anda membuat email tersebut, silahkan kunjungi http://blogger.com. Dan Anda akan diarahkan pada halaman seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini.

Gambar untuk Cara Membuat Blog 1

3. Setelah itu, silahkan Anda Log In dengan memasukkan alamat email serta sandi yang telah Anda buat sebelumnya. Kemudian silahkan klik "Masuk". Maka Anda akan di arahkan pada halaman Dasbor Blogger seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar untuk Cara Membuat Blog 2

Pada halaman Dasbor Blogger silahkan klik tombol Blog Baru untuk membuat blog baru di bloger. Silahkan lihat gambar di atas jika Anda tidak tahu letak tombol Blog Baru.

4. Setelah Anda klik tombol Blog baru, maka Anda akan diarahkan pada halaman untuk mendaftar blog baru seperti yang tampak pada gambar berikut.

Gambar untuk Cara Membuat Blog 3

Keterangan:
  • Judul : Silahkan diisi judul blog sesuka hati Anda. Misalnya "Ikhsan-Blogs".
  • Alamat : Silahkan disini alamat sesuka hati Anda, namun usahakan sama dengan Judul Blog. Misalnya "ikhsan-blogs.blogspot.com".
  • Template : Silahkan pilih salah satu template yang tersedia.
5. Setelah semuanya diisi, terakhir silahkan klik Buat Blog. Maka blog Anda telah dibuat dan sudah siap untuk digunakan.

Demikianlah Cara Membuat Blog Gratis di Blogger yang bisa kami sajikan pada kesempatan ini, semoga tutorial cara bikin blog ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin buat blog atau belajar blog. Dan yang paling penting semoga postingan ini bisa dengan mudah Anda pahami sehingga bisa Anda praktekkan tanpa ada suatu kendala apapun. Akhir kata semoga sukses dan salam Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel