Download Simulasi CAT CPNS 2016 Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Simulasi CAT-BKN CPNS 2016 - Seleksi CPNS tahun 2016 tidak lama lagi akan di mulai. Ada perbedaan dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, yaitu setiap Instansi pemerintah yang mendapat alokasi formasi CPNS, diharuskan menggunakan sistem CAT dalam proses seleksi/tes. Seperti yang dikemukakan Tasdik Kinanto selaku Sekretaris Kementerian PAN-RB, bahwa seleksi penerimaan CPNS tahun 2016 menggunakan sistem Cumputer Assisted test (CAT). Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu apa itu sistem CAT. Namun bagi yang belum, simak terus tulisan ini hingga selesai karena kami akan memberi sedikit gambaran terhadap sistem seleksi menggunakan Computer Assisted Test ini. 

Gambar Simulasi CAT CPNS 2016 Badan Kepegawaian Negara (BKN)
 
Sistem Computer Assisted Test adalah sistem seleksi/tes CPNS dengan menggunakan bantuan komputer yang tentu sebelumnya telah terinstall aplikasi CAT. Ketika aplikasi CAT ini dibuka, maka secara otomatis peserta yang mengikuti tes CPNS tersebut langsung menerima pertanyaan-pertanyaan ujian dari aplikasi tersebut secara online. Kemudian peserta langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Setiap Jawaban yang diberikan oleh peserta test akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan disana. Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, peserta di batasi oleh waktu, sehingga apabila waktunya telah habis, maka aplikasi CAT akan otomatis di tutup. Setelah aplikasi ini Logout atau di tutup, setiap peserta test CPNS akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian mereka. Sistem tes seperti ini tidak bisa direkayasa sebab sistem komputer yang akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta.

Pada seleksi CPNS tahun 2013 yang lalu, sebagian instansi pemerintah telah menggunakan sistem CAT, sebagian yang lain masih menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Berdasarkan informasi dari Kementerian PAN-RB bahwa hasil seleksi/tes CPNS Tahun 2013 yang lalu, tercatat ada sekitar 70 instansi pemerintah di seluruh Indonesia yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Pada tahun 2016 ini di harapkan semua Instansi dapat menerapkan sistem seleksi penerimaan CPNS dengan menggunakan sistem komputer ini.

Adapun tujuan dari penggunakan sistem CAT ini adalah untuk mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian CPNS 2016, menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional tanpa ada perbedaan serta dapat mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel, dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme (KKN). Selain itu penggunaan sistem CAT juga mempunyai keunggulan/manfaat, yaitu:
  1. Peserta tes CPNS dapat mendaftarkan diri melalui internet/website Online yang sudah ditunjuk.
  1. Peserta tes CPNS dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh.
  1. Keseluruhan materi soal tes komputerisasi dasar (tes pengetahuan umum,. Tes bakat skolastik dan tes skala kematangan) dan tes kompetensi kepegawaian (tes pengetahuan umum, tes substansi kepegawaian, dan tes skala kematangan) dapat diakses mengggunakan komputer.
  1. Penilaian dilaksanakan secara obyektif.
  1. Peserta ujian dengan segera bisa mengetahui capaian nilai test (skor) yang diperoleh setelah ujian selesai.
Mengingat sistem CAT ini adalah sistem baru, maka saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah meluncurkan Simulasi Computer Assisted Test (CAT-BKN) dengan tujuan agar calon pelamar/peserta tes bisa melakukan latihan dalam menggunakan aplikasi CAT ini, sehingga pada saat proses seleksi yang sebenarnya, peserta tidak lagi gugup atau canggung dalam menggunakannya.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengerjakan pertanyaan-pertanyaan CPNS dengan menggunakan sistem CAT, Anda dapat mengunduh/download Simulasi CAT-BKN di link berikut ini:


Cara menggunakannya:

1. Setelah di download, silahkan Extract terlebih dahulu filenya. Klik kanan pada file >> Pilih Extract to Simulasi Cat. Akan muncul sebuah folder yang isi di dalamnya seperti gambar berikut:

Gambar Petunjuk Menggunakan Simulasi CAT CPNS 2016 Badan Kepegawaian Negara (BKN) 1

2. Silahkan klik di bagian yang saya tunjuk dengan tanda panah bewarna merah untuk membuka Aplikasi CAT tersebut. Selanjutnya akan masuk pada tampilan pertanyaan seperti gambar di bawah ini:

Gambar Petunjuk Menggunakan Simulasi CAT CPNS 2016 Badan Kepegawaian Negara (BKN) 2

Untuk menjawab pertanyaannya, silahkan pilih salah satu jawaban di samping kiri, kemudian klik simpan dan lanjutkan seperti tanda panah pada gambar di atas. Selesai.

Demikian informasi tentang Simulasi CAT CPNS 2016 yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga Informasi ini sedikitnya bisa bermanfaat bagi Anda. Terima kasih atas kunjungannya serta terimakasih pula karena Anda telah bersedia membaca informasi yang kami bagikan ini. Akhir kata, selamat mencoba dan berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan metode CAT ini sebagai persiapan untuk menghadapi tes CPNS 2016 nantinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel