Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik

Contoh Curriculum Vitae (CV) - Salah satu syarat Administrasi saat melamar pekerjaan adalah Daftar Riwayat Hidup atau yang lebih kita kenal dengan sebutan CV (Curriculum Vitae). Pada postingan kami sebelumnya tentang Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar telah kami singgung tentang pentingnya pembuatan CV secara benar dengan tujuan perusahaan yang hendak kita lamar tertarik dan dapat mempertimbangkan kita untuk menjadi salah satu karyawan pada perusahaannya. Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan membagikan contoh cv lamaran kerja yang menarik dengan harapan bisa membantu Anda dalam membuat cv yang baik dan menarik pastinya.

Gambar untuk Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik

CV merupakan sebuah lembaran dengan format tertentu yang berisi tentang riwayat hidup singkat seseorang, dimana di dalamnya tercantum biodata diri yang dimulai dari nama, alamat, jenjang pendidikan hingga pengalaman-pengalaman kerja yang sudah pernah dilewati seseorang.

Bagaimana Tips Cara Membuat CV yang Baik, Benar dan Menarik?

Pembuatan CV yang baik dan benar tentu akan memberikan dampak yang positif bagi pelamar. Hal ini akan berpengaruh kepada diterima tidaknya pelamar pada sebuah perusahaan yang sedang ia lamar. Untuk itu ada beberapa Tips atau cara membuat CV yang baik dan benar, yaitu:

1. Hal yang paling utama ialah kejujuran. Artinya setiap isian di lembaran CV harus Anda isi sesuai dengan diri Anda. Jangan sesekali mencoba berbohong. Contoh, jika Anda belum berpengalaman kerja, jangan mencantumkan pengalaman kerja.

2. Apabila Anda mencantumkan pengalaman kerja ke dalam CV, cantumkan pengalaman kerja yang kira-kira berhubungan dengan perusahaan yang hendak Anda lamar.

3. Apabila Anda mencantumkan kemampuan yang Anda miliki dalam CV, dan Anda adalah seorang yang serba mampu atau dengan kata lain, banyak kemampuan yang Anda miliki, maka silahkan cantumkan hanya kemampuan-kemampuan yang berhubungan dengan perusahaan yang hendak Anda lamar. Menurut saya ini penting, karena orang yang serba bisa sering sekali tidak fokus dengan satu kemampuan. Jadi terkesan setengah-setengah dalam menguasai suatu keterampilan atau kemampuan. Jadi usahakan jangan sampai Anda meninggalkan kesan tersebut. (Itu menurut Ane ya, silahkan dicoba)

4. Buatlah dengan format dan urutan yang benar.

A. Format CV yang Baik dan Benar:
  • Buatlah CV pada kertas putih polos
  • Ketikkan dengan huruf (Font) serta Ukuran (Size) standar selayaknya surat resmi seperti Font Arial dan Times New Roman Size 12.
  • Maksimal 3 Halaman (idealnya 1 halaman)
  • Perhatikan Susunan kata, tanda baca serta Ejaan sudah benar adanya sebelum di print.
B. Urutan CV yang Baik dan Benar:
  • Identitas (Data Pribadi). Pada urutan pertama silahkan cantumkan data pribadi Anda seperti Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat Badan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta e-mail.
  • Riwayat Pendidikan. Cantumkan pendidikan formal dan pelatihan/kursus yang pernah Anda ikuti, lengkap dengan tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya. Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian pendidikan non formal (pelatihan, kursus, dsb).
  • Kemampuan. Uraikan secara singkat kemampuan Anda yang relevan dengan bidang kerja yang hendak Anda lamar.
  • Pengalaman Kerja. Cantumkan pengalaman kerja anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap dengan nama perusahaan, posisi/jabatan, tugas dan tanggung jawab atau wewenang serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai menempati dan mengakhiri posisi tersebut. Urutannya dimulai dari pekerjaan (atau jabatan atau posisi) terakhir.
  • Pengalaman Organisasi. Cantumkan juga pengalaman organisasi Anda apabila relevan dengan pekerjaan yang hendak Anda lamar.
Setelah dirasa semua hal di atas sudah Anda cantumkan, jangan lupa untuk melampirkan dokumen-dokumen pendukung saat menyerahkan berkas lamaran Anda tersebut kepada pihak perusahaan. Contoh: Misalnya Anda pernah mengikuti kursus komputer, maka lampirkan sertifikatnya.

Itulah Tips Cara Membuat CV yang Baik dan Benar, untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik di bawah ini:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

A. Data Pribadi

Nama                              :  
Jenis Kelamin                  : 
Tempat/Tanggal Lahir    : 
Kewarganegaraan           : 
Agama                            :
Status Perkawinan          :
Tinggi/Berat Badan         :
Alamat                            :
Telpon & HP                   :
Email                               :

B. Riwayat Pendidikan
I. Formal
Tingkat Pendidikan Tempat PendidikanProgram Studi Tahun Lulus
SD


SMP


SMA


Perguruan Tinggi



II. Non Formal
Pelatihan/Kursus Tempat PelatihanTahun Selesai
Komputer








C. Kemampuan
I.   .....................................................................................
II.  .....................................................................................
III. .....................................................................................

D. Pengalaman Kerja
Nama Perusahaan Posisi/JabatanTugas/Wewenang Tahun Masuk Tahun Keluar
PT. Ingin Maju SalesMemasarkan ProdukMei 2010Okt 2014











E. Pengalaman Organisasi
Nama Organisasi Posisi/JabatanTempat Organisasi Tahun Masuk Tahun Keluar

















Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya perbuat dengan sebenarnya dan untuk dapat dipergunakan seperlunya.

....................................2014



NAMA ANDA


Demikianlah Tips serta Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik yang bisa kami bagikan di kesempatan ini. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi Anda dalam membuat CV secara baik, benar dan menarik. Jika postingan ini bermanfaat, silahkan like dan share ke teman-teman kita yang lain melalui tombol di bawah. Akhir kata, semoga Anda segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan, serta sesuai dengan diri Anda. Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel