Simak Jadwal Pendaftaran CPNS Online Tahun 2018 SSCN BKN Dan Panselnas Menpan

Jadwal Pendaftaran CPNS Online Tahun 2018 – Sebagaimana informasi yang sudah admin sampaikan sebelumnya bahwa akan ada penerimaan CPNS Tahun 2018. Namun kapan jadwal pendaftaran online di SSCN dibuka serta kapan tes seleksi CPNS 2018 akan dimulai? tentu ini menjadi pertanyaan kita semua saat ini. Oleh karena itu, pada halaman ini admin akan menginformasikan mengenai pengumuman jadwal pendaftaran CPNS Tahun Anggaran 2018, silahkan simak terus sampai selesai.

Segala informasi berkaitan dengan penerimaan CPNS, baik itu berkenaan dengan pengumuman penerimaan CPNS Tahun 2018, formasi CPNS tahun 2018, jadwal pendaftaran online CPNS 2018 serta jadwal ujian tes seleksi kompetensi dasar maupun bidang CPNS Tahun 2018 akan diumumkan secara resmi oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) atau SSCN BKN. Oleh karena itu, silahkan ikuti terus halaman ini karena disini admin akan terus mengupdate informasi terbaru terkait Pengumuman penerimaan CPNS Tahun 2018 yang bersumber dari SSCN BKN dan Panselnas Menpan.

Gambar untuk Simak Jadwal Pendaftaran CPNS Online Tahun 2018 SSCN BKN Dan Panselnas Menpan

Menanti akan dibukanya pendaftaran CPNS tentu sudah menjadi hal yang biasa, karena pendaftaran CPNS itu sendiri bisa dikatakan cukup langka karena tidak dibuka setiap tahun. Dan bahkan di beberapa yang sudah menggunakan APBD yang melebihi 50 persen tidak bisa untuk melaksanakan rekrutmen CPNS. Jika pada tahun sebelumnya yakni tahun 2015, 2016 serta 2017 sedikit sekali formasi CPNS yang dibutuhkan, lalu bagaimana dengan tahun 2018 ini? Yuk simak info lengkapnya di bawah ini.

Ketika adanya pengumuman pendaftaran CPNS secara resmi, banyak orang berbondong-bondong untuk mendaftarkan dirinya untuk mengikuti seleksi CPNS. Tidak sedikit rang ingin menjadi PNS dengan berbagai alasan, banyak asumsi yang sudah sering kita dengar bahwa pekerjaan seorang PNS santai serta penghasilannya yang stabil dan terjamin. Namun itu dulu, karena saat ini untuk menjadi PNS sama halnya dengan menjadi pelayan masyarakat yang berjiwa melayani. Oleh karena itu, jika anda ingin bekerja santai, maka urungkan niat anda dari sekarang untuk menjadi PNS. Apapun pekerjaannya akan tetap membutuhkan perjuangan dan tidak ada pekerjaan yang tidak harus bekerja namun mendapatkan hasil. Semuanya punya timbal balik, begitu juga dengan profesi sebagai PNS.

Ada Banyak Bidang Kompetensi dalam Penerimaan CPNS Tahun 2018

Saat pengumuman penerimaan CPNS Tahun 2018 nanti sudah resmi dikeluarkan oleh Panselnas, maka akan ada banyak kompetensi yang diperlukan untuk setiap lowongan CPNS yang ada nantinya. Dan setiap formasi yang diikuti dalam seleksi CPNS nanti, akan ada satu atau lebih kualifikasi bidang ilmu. Misalnya untuk formasi CPNS Guru, maka persyaratan utama yang wajib dipenuhi adalah pelamar yang menyandang gelar Sarjana Pendidikan.

Jika di era dulu sering kita temui bahwa mereka yang lulusan ekonomipun bisa menjadi guru, begitu juga dengan lulusan kesehatan ataupun lulusan hukum pun ada yang menjadi guru. Namun berbeda halnya dengan rekrutmen CPNS saat ini, dimana setiap formasi ditentukan disiplin ilmunya. Hal ini juga merupakan salah satu langkah pemerintah dalam meningkatkan kualitas pegawai yang dimulai dari proses perekrutan.

Sistem seleksi CPNSnya pun saat ini sudah mengunakan Sistem Computer Assisted Tes (CAT) yang menggunakan komputer dengan koneksi jaringan internet langsung ke Panselnas. Jadi hanya pelamar yang mampu mengumpulkan nilai tertinggi dengan syarat lulus passing grade (ambang batas) yang ditentutan yang akan lulus dalam seleksi penerimaan CPNS.

Lalu bidang kompetensi apa sajakan yang akan dibuka dalam penerimaan CPNS tahun 2018? Hal ini berdasarkan dari kebijakan moratorium, karena jika yang menjadi pedoman adalah kebijakan moratorium, maka bidang yang akan mendapatkan pengecualian hanyalah 2, yaitu tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Mak dari itu, untuk tahun 2018 jumlah yang paling memenuhi porsi terbesar dalam seleksi penerimaan CPNS 2018 adalah tenaga guru dan tenaga kesehatan.

Namun tentunya tidak semua daerah hanya membutuhkan formasi CPNS Guru dan Tenaga Kesehatan, melainkan ada juga daerah yang membutuhkan bidang lain. Sebagai contoh staf BKD, pertanian atau kementerian tingkat daerah dan bidang-bidang lain yang memang dibutuhkan saat pembukaan CPNS tahun 2018. Oleh karena itu, pastikan anda menerima informasi terbaru dan resmi terkait hal itu dengan memantau terus situs lowongankerja20.com.

Peranan Panselnas Menpan dalam Seleksi CPNS Tahun 2018

Di setiap pelaksanaan rekrutmen pastinya ada panitia penyelenggara, maka dalam seleksi penerimaan CPNS Tahun 2018, Panselnas yakni panitia Seleksi Nasionallah yang mempunyai wewenang untuk melaksanakan proses rekrutmen. Maka dari itu, peran dari Panselnas tentu sangatlah penting demi kelancaran proses pendaftaran CPNS 2018.

Berkenaan dengan prosesnya, biasanya keputusan akan diadakannya rekrutmen CPNS akan diumumkan terlebih dahulu melalui surat resmi yang dikirimkan oleh pihak Panselnas pusat ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di Kabupaten/Kota penyelenggara. Selanjutnya informasi tersebut barulah diumumkan secara resmi ke publik untuk dapat diiukuti oleh peminat CPNS tahun 2018. Apabila nantinya memang sudah resmi diumumkan, maka panitia CPNS di tingkat daerah tentunya akan melakukan penambahan lagi kebijakan yang ditentukan oleh Kepala Daerah berkenaan dengan persyaratn khusus bagi calon pelamar CPNS Tahun 2018, seperti SKCK ataupun konsekuensi jika ada pelamar yang telah dinyatakan lulus, namun mengundurkan diri dan lain sebagainya.

Setelah pengumuman jadwal pendaftaran CPNS Online Tahun 2018 resmi dibuka ke publik, selanjutnya adalah melakukan pendaftaran, pengiriman berkas yang diminta, pelaksanaan ujian dan pengumuman kelulusan. Dan untuk pendaftaran dilakukan secara online di website SSCN dan Panselnas Menpan. Lalu untk pengiriman berkas dilakukan melalui pos dan selanjutnya adalah mengikuti ujian sebagaimana jadwal dan tempat yang sudah ditetapkan oleh Panselnas.

Panselnas sendiri akan membuka proses pendaftaran online CPNS Tahun 2018 melalui website resminya di alamat https://sscn.bkn.go.id.

Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS Online 2018 Resmi oleh SSCN BKN

SSCN BKN adalah singkatan dari Sistem Seleksi CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara. Oleh sebab itu, proses seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 tidak terlepas dari SSCN BKN. Dalam pelaksanaannya, situs resmi SSCN BKN yang beralamat https://sscn.bkn.go.id adalah merupakan tempat untuk mengakses formulir pendaftaran CPNS. Selain itu proses pengumuman CPNS nantinya juga akan dilakukan melalui SSCN BKN tersebut.

Lalu kapan Jadwal Pendaftaran CPNS Online Tahun 2018 diumumkan oleh Panselnas Menpan dan SSCN BKN? Menurut kabar yang kami terima bahwa pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018 akan dimulai di awal tahun 2018, tepatnya setelah proses seleksi CPNS Tahun 2017 telah selesai dilaksanakan. Namun itu tentunya bukanlah kabar resminya, jadi kita tunggu saja pengumuman resminya dari pihak Panselnas. Jadi silahkan pantau terus halaman ini karena kami akan terus mengupdate informasi terbaru terkait jadwal pendaftaran CPNS 2018 disini. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel