Mengenal Bisnis Online

Mengenal Bisnis Online – Sebelum kita masuk pada pembahasan inti kita tentang Bisnis Online dan Potensinya, akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari Online. Online merupakan kebalikan dari Offline. Kata online itu berasal dari kata on dan line, on artinya hidup, line artinya saluran. Pengertian Online adalah keadaan komputer yang terhubung ke jaringan Internet. Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Wikipedia

Dengan kata lain internet merupakan jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama.

Pengguna Internet di dunia Tahun 2013 telah mencapai angka 2,4 miliar orang. Angka tersebut meningkat 8 persen dari tahun sebelumnya. Tentu angka tersebut akan terus bertambah seiring dengan kemajuan Teknologi yang terus berinovasi menciptakan berbagai macam gadget demi memudahkan penggunanya dalam mengakses jaringan internet.

Di indonesia sendiri pengguna Internet Tahun 2013 telah mencapai angka 82.000.000 orang, dan di perkirakan pada tahun 2014 ini akan meningkat menjadi 107.000.000 pengguna. Lihat Data Proyeksi APJII:

Gambar data Proyeksi APJII

Seiring terus bertambahnya pengguna Internet baik di dunia maupun di Indonesia. Hal ini membuka peluang yang lebih luas bagi kita untuk memanfaatkan internet untuk hal yang lebih bermanfaat, misalnya dengan berbisnis secara online yang akhir-akhir ini sedang booming.

Apa Itu Bisnis Online?

Bisnis online adalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari bergabung, negoisasi hingga kegiatan transaksinya. Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individu, untuk mendapatkan laba/keuntungan dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata Online menurut kamus dan para ahli adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya. Pada dasarnya bisnis online juga biasa disebut Bo.

Telah kita ketahui bisnis online yang ada di dunia bahkan di indonesia begitu banyak dan mampu memberikan situasi yang produktif bagi para pebisnis yang menjalankannya. namun secara umum Bisnis Online dapat terbagi kepada lima kategori, yaitu:

1. Sell Your Own Product adalah suatu bisnis online dengan cara menjual produk, baik itu menjual hasil produksi anda sendiri ataupun produksi orang lain. Ini adalah kategori model bisnis paling awal dijalankan di internet dan merupakan kategori model bisnis yang paling populer dijalankan saat ini. Produk disini bisa merupakan produk berwujud ataupun produk tidak berwujud seperti MP3, ringtone, software, ebook, membership/keanggotaan dan lain-lain.


2. Sell Your Own Services adalah suatu bisnis online dengan cara menjual servis/jasa. Ini adalah sebuah kategori model bisnis yang berkembang pesat saat ini. Umumnya yang dijual adalah sesuatu skill/keahlian/ketrampilan yang dimiliki. Sedangkan yang membayar jasa adalah orang yang membutuhkan keterampilan tersebut. Sebagai contoh: jasa membuat website, jasa disain logo/banner/website, jasa menulis artikel, jasa menerjemahkan, jasa membuat ebook, jasa membuat program komputer, jasa menjadi virtual personal assistant/asisten pribadi maya, jasa virtual office, jasa melakukan SEO, jasa mengelola iklan PPC dan masih banyak jasa lagi yang dipasarkan melalui internet. Semua transaksi jasa yang saya sebutkan diatas, sama sekali tidak memerlukan tatap muka langsung antara orang yang membutuhkan jasa dengan yang menyediakan jasa.


3. Affiliate Marketing yaitu suatu bisnis online yang menjual atau mereferensikan produk atau jasa orang lain dengan kompensasi komisi untuk setiap transaksi penjualan yang terjadi (Pay Per Sale), untuk setiap lead/prospek yang diberikan (Pay Per Lead) atau untuk setiap klik yang dilakukan (Pay Per Click). MLM/Network Marketing yang dijalankan secara online juga termasuk affiliate marketing yaitu memasarkan produk/jasa orang lain.


4. Contextual Advertising adalah suatu bisnis online yang termasuk kategori model bisnis dimana seseorang membuat website dengan content/informasi yang menarik sehingga dikunjungi banyak visitor, sedangkan penghasilan diperoleh dari iklan/advertising berupa iklan teks, banner atau video yang relevan dengan isi/content dari website. Jadi misalkan website anda adalah website yang menampilkan hasil pertandingan sepakbola, maka advertising/iklan yang muncul di website anda adalah hal-hal yang berhubungan dengan sepakbola seperti merchandise dari klub sepakbola, perlengkapan permainan sepakbola dan sejenisnya.


5. Site Flipping adalah model bisnis online yang melibatkan transaksi jual beli website. Website adalah sebuah aset, sehingga seperti rumah, jual beli website adalah hal yang mulai sering dilakukan. Ada orang membuat website dengan tujuan untuk dijual. Ada orang yang membeli banyak website yang punyai nilai masih rendah, lalu dipoles sehingga mempunyai nilai jual yang jauh lebih tinggi. (Sumber)

Sejauh ini, saya rasa anda sudah cukup paham apa itu bisnis online dan sudah mengetahui secara umum kategori dari bisnis online. Namun untuk mengenal lebih jauh tentang berbagai macam bisnis Online dan cara kerjanya masing-masing akan di bahas pada artikel-artikel selanjutnya. Demikian, semoga ada manfaatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel