Cara Mendaftar Online pada Portal Nasional Penerimaan CPNS 2014

Cara Mendaftar Online pada Portal Nasional Penerimaan CPNS 2014 - Beberapa hari yang lalu ada beberapa teman saya di Grup Loker Facebook yang reques untuk dibuatkan petunjuk atau tutorial untuk mendaftar CPNS pada Portal Nasional penerimaan CPNS 2014, yang beralamat lengkap https://panselnas.menpan.go.id. Maka pada kesempatan ini, dengan segala keterbatasan saya akan membagikan caranya kepada Anda.

Gambar untuk Cara Mendaftar Online pada Portal Nasional Penerimaan CPNS 2014

Saya yakin sebagian besar dari Anda sudah cukup paham dengan cara mendaftar CPNS secara online pada portal Nasional tersebut. Namun juga, tentu masih ada sebagian dari teman-teman kita di luar sana yang masih sedikit kewalahan dalam mendaftar CPNS secara Online. Maka untuk itu, jika Anda merasa tulisan ini bisa bermanfaat Untuk Anda, silahkan simak baik-baik sampai selesai.

Sebenarnya perihal cara mendaftar CPNS pada portal nasional penerimaan CPNS 2014 telah saya bahas pada postingan saya sebelumnya yang berjudul Cara Mendaftar CPNS 2014. Namun pada postingan tersebut penjelasannya belum disertai dengan gambar, sehingga sebagian orang merasa kesulitan dalam menerapkannya. Tapi kali ini saya akan sertakan gambarnya untuk mempermudah Anda dalam memahami tahapan-tahapan dalam mendaftar online pada portal nasional dimaksud.


1. Silahkan kunjungi tautan berikut: https://panselnas.menpan.go.id. Setelah itu Anda akan di bawa masuk pada halaman utama pada Portal Nasional tersebut seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar Petunjuk 1

Silahkan Anda perhatikan beberapa poin penting yang termuat pada halaman tersebut dan pahami maksudnya sebelum Anda melanjutkan ke tahap berikutnya. 

2. Selanjutnya pilih menu Alur Pendaftaran, dan Anda akan dibawa pada halaman seperti gambar dibawah ini.

Gambar Petunjuk 2

Pada halaman ini sebenarnya sudah dijelaskan alur pendaftarannya. Tapi tidak masalah, tulisan ini akan tetap saya lanjutkan kok. hehehe..

3. Kemudian silahkan pilih menu Formasi CPNS 2014, dan Anda akan dibawa pada halaman tersebut seperti pada gambar berikut.

Gambar Petunjuk 3

Pada gambar di atas, kotak yang saya beri tanda 1 merupakan Daftar Instansi Pemerintah Pusat yang membuka CPNS 2014. Terlihat ada 4 Kementerian/Lembaga dalam tabel tersebut. Kementerian Koordinator 3, Kementerian 27, Lembaga Pemerintah Non Kementerian ada 28 Lembaga, dan terakhir ada 2 Lembaga Negara. Sedangkan pada kotak yang saya beri tanda 2 merupakan daftar wilayah yang membuka CPNS 2014. Terlihat ada 10 Provinsi di pulau Sumatera, 9 Provinsi di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, 5 Provinsi di pulau Kalimantan, 6 Provinsi di pulau sulawesi dan terakhir 4 provinsi di pulau Papua dan kepulauan Maluku. Pada halaman ini silahkan pilih salah satu Kementerian/lembaga/Provinsi yang hendak Anda lihat secara lengkap.

4. Setelah memilih salah satu Instansi baik Kementerian/Lembaga/Provinsi. Maka Anda akan dibawa pada tabel daftar Instansi Kementerian/Lembaga/Provinsi yang Anda pilih tadi. Sebagai Contoh saya akan memilih Instansi Kementerian, maka akan terbuka halaman daftar Intansi Kementerian seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar petunjuk 4

Pada halaman tersebut kita bisa melihat daftar kementerian yang membuka cpns 2014. Yang tulisan bewarna biru, artinya rincian formasinya sudah tersedia, sedangkan yang masih hitam artinya rinciannya belum tersedia.

5. Selanjutnya silahkan pilih salah satu Instansi yang terdapat dalam tabel. Sebagai Contoh saya akan memilih Kementerian Hukum dan Ham. Maka akan dibawa pada halaman rincian formasi Kementerian Hukum dan Ham seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar petunjuk 5

Di halaman ini kita bisa melihat jabatan yang disediakan, Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan, jumlah Alokasi/Lowongan serta rencana penempatannya. Pada halaman ini di bagian paling bawah, Anda juga bisa melihat persyaratan khusus yang disyaratkan oleh Instansi pilihan Anda tersebut. Namun tidak semua Instansi memuat syaratnya pada halaman ini. 

Apabila ada jabatan yang sesuai dengan kualifikasi Anda, atau Anda merasa memenuhi persyaratan yang telah ditentukan Instansi tersebut serta Anda tertarik untuk melamar pada jabatan tersebut. Maka saran saya catatlah sedikit nama Instansinya serta nomor urut Jabatan yang menjadi pilihan Anda tersebut. Hal ini tentu untuk mempermudah Anda dalam mengisi formulir pendaftaran nantinya.

Penting:
Anda hanya bisa mendaftar untuk satu Instansi saja dengan 3 pilihan jabatan pada Instansi yang sama. Jadi, jangan coba-coba mendaftar dulu apabila Anda belum yakin untuk mendaftar pada Instansi tersebut. Saya sarankan untuk membuka juga rincian-rincian formasi yang terdapat pada Instansi lain. Barang kali ada formasi yang lebih cocok untuk Anda.

6. Untuk melanjutkan tahapan selanjutnya, terlebih dahulu Anda harus sudah memastikan dan yakin untuk melamar pada Instansi pilihan Anda tersebut. Karena sekali Anda mendaftar pada Instansi tertentu, maka Anda tidak akan lagi bisa untuk mendaftar di Instansi lain.

Oke. Sekarang Anggap saja Anda sudah punya pilihan terhadap Instansi yang hendak Anda lamar tersebut. Misalkan Instansi pilihan Anda adalah Kementerian Hukum dan Ham. Maka untuk melakukan pendaftaran pada Instansi tersebut, pada bagian bawah halaman Rincian Formasi Kementerian Hukum dan Ham, silahkan klik Formulir Registrasi. Nih lihat gambar biar tahu letaknya dimana.

Gambar petunjuk 6

7. Setelah Anda klik Formulir Pendaftaran tersebut. Maka akan muncul halaman formulirnya seperti pada gambar berikut.

Gambar Petunjuk 7

Keterangan: 
  • Kolom 1 isikan dengan Nomor Induk Kependudukan Anda (NIK) (Lihat KTP)
  • Kolom 2 isikan dengan Nama Lengkap Anda, (sesuai KTP)
  • Kolom 3 isikan alamat email Anda. (Email yang masih aktif/Masih bisa Anda buka)
  • Kolom 4 isikan dengan tempat lahir Anda (Sesuai KTP)
  • Kolom 5 isikan dengan tanggal lahir Anda (Sesuai KTP)
  • Kolom 6 arahkan kursor pada segitiga yang saya lingkari merah, kemudian klik dan pilih Instansi yang sudah Anda putuskan untuk melamar. (Sekali lagi saya Ingatkan, setelah memilih satu Instansi, Anda tidak bisa merubahnya lagi)
  • Kolom 7 isikan password yang ingin Anda gunakan (Terserah Anda, bukan terserah saya pastinya) haha.
  • Kolom 8 isikan lagi password Anda. (Password yang barusan juga)
  • Kolom 9 isikan kode keamanan yang terdapat dalam kotak Kode Security (Lihat gambar di atas jika bingung)
Selanjutnya terlebih dahulu pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar. Apabila sudah silahkan klik Kirim.

8. Selanjutnya adalah membuka Email yang Anda masukkan tadi di formulir pendaftaran. Silahkan cek kotak masuknya apakah ada pesan dari Portal Nasional. kalau tidak Ada, coba cek juga folder Spam yang ada di email Anda. Jika sudah ketemu, buka emailnya. 

Saya sendiri sebenarnya tidak tahu persis apa isi dari Emailnya, jadi tidak tahu apa yang harus saya jelaskan lagi untuk tahapan selanjutnya. Apa kita cukupkan saja?? hahaha :D

Berdasarkan Informasi yang saya dapatkan. Di dalam email tersebut terdapat link/tautan verifikasi email Anda, Username dan Password, yang nanti akan Anda gunakan untuk tahap pendaftaran selanjutnya pada instansi yang telah Anda pilih, serta link/tautan Instansi yang Anda pilih tersebut. Jadi simpan baik-baik Username, Password serta link Instansi yang telah dikirimkan ke Email Anda tersebut.

9. Untuk selanjutnya buka link/tautan/website Instansi yang telah dikirimkan ke Anda tersebut. Kemudian silahkan Login menggunakan Username dan Password yang dikirimkan tadi. Selanjutnya isi formulir pendaftaran pada website Instansi pilihan Anda tersebut. 

Formulir Pendaftaran pada setiap Instansi bisa saja berbeda-beda. Kebetulan saya pribadi juga belum mendaftar, jadi tidak tahu persis bagaimana bentuk formulir pendaftarannya. Ikuti saja perintah yang ada pada halaman Instansi pilihan Anda tersebut. Saya yakin Anda bisa. Semangat :D

Demikian tulisan ini saya perbuat dengan segala keterbatasan, belum sepenuhnya lengkap. tapi mudah-mudahan sedikitnya bisa membantu Anda dalam melakukan Pendaftaran CPNS 2014 Secara Online. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah dan jika ada yang keliru, mari kita luruskan sama-sama. Terimakasih atas kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel