Cara Melamar Kerja di Pabrik Yang Bisa Anda Pilih Sesuai Keinginan

Cara Melamar Kerja di Pabrik Yang Bisa Anda Pilih Sesuai Keinginan


Cara melamar kerja di pabrik adalah artikel yang akan saya share kali ini untuk anda smuanya. Khususnya untuk anda yang berencana melamar pekerjaan di Pabrik, baik itu pabrik garmen, sepatu, mie sedap, rorok dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya pabrik juga cukup banyak menyerap tenaga kerja, dan biasanya mereka yang bekerja di pabrik adalah lulusan-lulusan SMK sederajat yang pada umumnya akan ditempatkan pada bagian Operator Produksi.

Bagi anda yang sudah berpengalaman dunia kerja, apalagi di pabrik, tentunya sudah sangat paham bagaimana cara supaya bisa bekerja menjadi salah satu karyawan pabrik.

Namun bagi yang belum berpengalaman, atau baru memasuki dunia kerja, fress graduate, tentunya akan mengalami sedikit kendala, dimana mereka belum tahu bagaimana cara melamar kerja di pabrik, syarat bekerja di pabrik dan cara membuat surat lamaran pekerjaan di pabrik.

Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan gambaran beberapa cara melamar pekerjaan di pabrik yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan. Banyak cara yang bisa anda pilih, karena perkembangan teknologi dewasa ini sangat memudahkan kita untuk memperoleh informasi apa saja termasuk informasi lowongan kerja.

Cara Melamar Kerja di Pabrik Secara Online Maupun Offline


Secara garis besar ada 2 cara melamar kerja di pabrik yang bisa anda pilih, yakni secara online maupun offline (langsung). Nah di bawah ini sudah kami rangkum beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk melamar pekerjaan di pabrik, akan lebih baik jika semua cara yang akan kami ulas di bawah ini anda coba supaya peluang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar.

1.Melalui Pos

Cara lama yang masih cukup efektif ini adalah salah satu cara melamar kerja di pabrik yang bisa anda pilih. Meskipun kemajuan teknologi terus tumbuh dengan hadirnya situs-situs lowongan pekerjaan bukan berarti melamar pekerjaan melalui pos lantas diabaikan. Faktanya hingga saat ini masih banyak perusahaan/instansi/kantor yang masih menerima karyawan barunya melalui pos.

Cara ini masih sangat efektif hingga sekarang dan saya pribadi juga sangat menyarankan untuk melamar kerja di pabrik melalai pos ini. Tetapi sebelum melamar pekerjaan silahkan perhatikan terlebih dahulu apakah persyaratan atau kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan sesuai dengan kualifikasi anda. Hal ini penting karena jika kita mengirimkan lamaran ke perusahaaan dimana kita tidak memiliki kualifikasi sebagaimana yang dibutuhkan, maka hanya akan menjadi sia-sia.

2. Walking Interview

Cara yang kedua ini juga terbilang cukup efektif, namun sangat jarang ada pabrik yang memberikan kesempatan untuk langsung mengikuti wawancara. Namun bukan berarti tidak ada yang menerapkan cara ini, sebagian perusahaan ada yang langsung meminta kita untuk mengantarkan lamaran dan langsung ikut tes atau wawancara.

Namun sebelum anda langsung mendatangi pabrik tersebut, sebaiknya silahkan mencari informasi yang akurat terlebih dahulu mengenai perihal apakah boleh mengantarkan lamaran dan langsung ikut wawancara pada pabrik tempat anda melamar tersebut.

3.Via Email

Cara yang ketiga ini adalah dengan mengirimkan lamaran kerja melalui email anda. Cara ini sudah mulai banyak diterapkan oleh pabrik-pabrik dikarenakan cukup praktis dan efisien. Anda hanya perlu menyiapkan koneksi internet, hasil scan berkas-berkas yang diminta dan tinggal klik kirim, maka permohonan kerja anda sudah sampai ke pabrik yang anda lamar.

Cukup praktis dan anda tidak harus mengeluarkan uang transport untuk menuju ke pabrik dimaksud. Meskipun begitu, ternyata melamar kerja di pabrik melalui email juga punya kekurangan, biasanya lamaran yang kita kirimkan via email kurang mendapat respon dari pihak perusahaan. Hal ini karena banyaknya pelamar yang mengirimkan lamaran via email sehingga email kita menjadi tenggelam di draft kotak masuk email pabrik tersebut.

4. Melalui BKK,Yayasan dan Konsultan

Cara yang satu ini lebih meyakinkan jika dibanding dengan cara yang lain, hal ini dikarenakan kita melamar pekerjaan melalui Yayasan atau BKK yang tugasnya memang menyalurkan tenaga kerja untuk bekerja di perusahaan-perusahaan tertentu.

Nah apabila anda ingin bekerja khususnya di daerah Bekasi, saat ini sudah banyan yayasan seperti RSM, Rumah Kandidat, Metajob, BKK (Bursa Kerja Khusus) dll yang hampir ada pada setiap SMK di Bekasi.

5. Via Online

Cara melamar kerja di pabrik berikutnya yang juga terbilang praktis adalah secara online. Kemajuan teknologi dewasa ini membuat pabrik tidak lagi sulit untuk mencari tenaga kerja terbaik untuk bekerja pada perusahaannya. Cukup menyediakan aplikasi lamaran pekerjaan di website resmi pabrik bersangkutan, dan pelamar bisa dengan mudah mendaftarkan diri pada lowongan pekerjaan yang dibuka.

6. Melalui Situs Lowongan Kerja

Cara melamar kerja di pabrik yang terakhir yang bisa anda pilih ialah melalui situs lowongan kerja seperti JobsDB, Jobstreet dan lain sebagainya. Kelebihan melamar kerja melalui situs loker ini ialah terdapat banyaknya lowongan pekerjaan yang biasanya relevan dengan kualifikasi anda. Selain itu anda akan mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru setiap hari.

Kelebihan lainnya apabila anda sudah menjadi member di situs lowongan kerja tersebut ialah anda bisa dengan mudah melamar setiap pekerjaan yang anda minati, anda cukup melakukan klik, klik saja dan lamaran anda telah sampai pada perusahaan bersangkutan. Dan jika anda memnuhi kualifikasi sebagaimana yang dibutuhkan oleh pabrik/perusahaan tersebut, maka anda akan dihubungi langsung oleh perusahaan bersangkutan guna mengikuti tahapan seleksi lebih lanjut.

Nah itulah 6 Cara Melamar Kerja di Pabrik yang bisa anda pilih sesuai keinginan. Apabila cara melamar pekerjaan sudah sebanyak ini namun pekerjaan tetap masih sangat sulit didapatkan, maka ini wajar karena persaingan dunia kerja semakin hari semakin ketat yang dikarenakan jumlah lowongan pekerjaan sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah pencari kerja.

Meskipun begitu anda tidak perlu putus asa, persiapkan diri anda sebaik mungkin, dan pastikan semua persyaratan yang ditentukan sudah lengkap. Maka cepat ataupun lambat pasti akan ada perusahaan/pabrik yang akan melirik lamaran anda. Oleh karenanya tetaplah optimis dan tetap semangat dan pantang menyerah dalam mendapatkan pekerjaan.

Saya rasa cukup sekian pembahasan kali ini, semoga sedikitnya bisa menambah pengetahuan anda tentang dunia kerja, khususnya dalam hal melamar pekerjaan di pabrik. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga anda segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan diri anda. Amin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel