81 Ribu Lowongan CPNS Dibuka Tahun 2016

81 Ribu Lowongan CPNS Dibuka Tahun 2016 - Selamat siang para pengunjung setia Ikhsan-Blogs. Pada kesempatan ini, saya kembali akan menyajikan informasi berkenaan dengan penerimaan CPNS 2016. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi (PAN-RB) tahun 2016 ini berencana akan membuka pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada bulan juli tahun 2016. Sedangkan untuk pelaksanaan seleksi CPNS 2016 akan dilangsungkan pada bulan Agustus 2016 mendatang.

Gambar untuk 81 Ribu Lowongan CPNS Dibuka Tahun 2016


Yuddi Chrisnandi selaku Menteri PAN-RB mengatakan bahwa pemerintah akan memulai pembukaan pendaftaran penerimaan rekrutmen CPNS 2016 pada bulan Juli mendatang. Selanjutnya mengenai proses seleksi ujian tes CPNS, menurut rencana pelaksanaannya akan dilangsungkan pada bulan Agustus 2016. Sehingga pada bulan Oktober atau November sudah ada nama-nama pelamar yang lolos atau diterima sebagai CPNS.

Menteri Yuddy mengakui bahwa proses pendaftaran ataupun seleksi ujian tes CPNS 2016 baru akan dilaksanakan setelah pemerintah selesai menghitung formasi CPNS dari kebutuhan di seluruh Instansi ataupun bidang-bidang pekerjaan. Maka dari itu, sampai saat ini, Kementerian PAN-RB belum dapat memberitahukan jumlah atau kuota yang dibuka di masing-masing instansi pemerintah.

"Jika sudah dihitung formasi yang benar dibutuhkan, seperti ahli pengairan, tata kota, ahli hukum, ahli otonomi daerah dan lainnya di setiap instansi, baru dilakukan proses rekrutmen. Saat ini yang sudah fix adalah untuk tenaga kesehatan," jelas Yuddy.

Menteri PANRB Yuddy juga mengungkapkan, bahwa formasi kebutuhan PNS yang disodorkan Kementerian / Lembaga mencapai 150 ribu orang. Namun Kemenkeu (Kementerian Keuangan) hanya mampu menyanggupi 81 ribu orang untuk jatah rekrutmen CPNS 2016 karena berbagai alasan.

Tahun ini, pemerintah lebih mengutamakan penerimaan CPNS bagi putra - putri terbaik di sekolah ikatan dinas pemerintah, yakni sebanyak 11 ribu orang. Kemudian kebutuhan penerimaan CPNS di bidang kesehatan, seperti dokter, bidan dan perawat mencapai 43 ribu orang.

Selanjutnya penerimaan CPNS 2016 guru bergelar Sarjana dan berada di pulau-pulau terluar dan tertinggal (garis depan) mencapai 3 ribu orang, dan juga pengangkatan guru honorer untuk menjadi PNS di garis depan sekitar 2 ribu orang.

Kemudian sisanya sekitar 22 ribu kursi penerimaan CPNS 2016 akan terbagi untuk instansi atau bidang yang sangat dibutuhkan, yakni seperti BATAN, LIPI, penyuluh pertanian. Menteri Pertanian, Bapak Pak Amran juga sudah meminta 18 ribu orang, kemudian Kemenkumham meminta 21 ribu orang, namun usulan tersebut baru diterima separuhnya.

Sebanyak 22 ribu jatah penerimaan CPNS tersebut, sudah termasuk untuk kuota dari jalur pelamar umum untuk semua bidang. Meskipun demikian, akan diprioritaskan untuk CPNS pada bidang-bidang studi yang selaras dengan program Nawa Cita, yakni diantaranya adalah ahli pertanian, ahli pengairan, ahli tata kota, ahli maritim, ahli konstruksi, dan lain sebagainya.

Bagi pelamar jalur umum, akan dibuka penerimaan CPNS 2016 sekitar 10 ribu orang, di dalamnya sudah termasuk untuk penerimaan mahasiswa berprestasi (cumlaude) yang mendapat jatah 10 persen dari kuota pelamar umum. Sumber

Demikianlah informasi mengenai 81 ribu lowongan CPNS dibuka tahun 2016 ini. Semoga apa yang kami bagikan pada kesempatan ini dapat memperkaya informasi bagi Anda terkait penerimaan CPNS 2016, sehingga harapannya Anda yang berencana untuk melakukan pendaftaran CPNS 2016 tidak ketinggalan informasi dan terus bisa mengikuti perkembangan informasi. Terima kasih telah berkunjung dan salam sukses dari http://ikhsan-blogs.blogspot.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel