Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar dan Tips Cara Membuatnya

Contoh Surat Lamaran Kerja – Bagi lulusan baru/fresh graduate yang baru mendapatkan gelar sarjana atau baru selesai sekolah, tentunya ingin mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan ataupun instansi sehingga memperoleh penghasilan di setiap bulannya. Dan untuk mengajukan lamaran kepada perusahaan yang dituju, diharuskan untuk membuat surat lamaran kerja sebagai bentuk permohonan kerja kepada pihak perusahaan.

Bagi lulusan-lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja atau belum pernah melamar pekerjaan, tentu akan sedikit kesulitan dalam menulis surat lamaran kerja. Hal ini wajar dikarenakan memang mereka belum terbiasa dalam membuatnya. Maka dari itu, di kesempatan ini admin akan membagikan tips cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar berikut dengan contoh lamaran kerja terbaru lengkap.

Gambar untuk Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar dan Tips Cara Membuatnya

Dewasa ini dengan majunya perkembangan teknologi, tentunya bukanlah perkara mudah untuk sekedar membuat surat lamaran kerja, kita cukup mencarinya di internet dan kemudian mengubah sesuai dengan kondisi pelamar. Namun tentunya kita juga harus seleksi dan tahu kriteria dari surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar sehingga lamaran kerja yang sudah diajukan dapat diterima.

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Nah supaya lamaran pekerjaan anda tidak ditolak oleh pihak perusahaan, ada beberapa poin penting yang patut anda perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Tulis surat lamaran kerja sesuai standar perusahaan yang anda lamar
  • Hindari membuat surat lamaran kerja yang sama dengan isi CV
  • Perhatikan format penulisan pada surat lamaran kerja yang anda buat
  • Hindari surat lamaran kerja berwarna-warni
  • Sertakan prestasi yang relevan jika ada
  • Patuhi persyaratan dari Perekrut
  • Jangan terlalu mengikuti contoh atau copy paste
  • Jangan membuat surat lamaran kerja secara berlebihan
  • Hindari kesalahan tata bahasa
  • Jangan lupa cantumkan nomor kontak anda

Dari beberapa tips cara membuat lamaran pekerjaan di atas, sedikitnya kita sudah tahu bagaimana supaya surat lamaran kerja yang kita buat dapat diterima oleh pihak perusahaan tempat kita melamar. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini sudah admin siapkan beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar lengkap untuk melamar di berbagai perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar

Cikarang, 05 Desember 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk/Ibu HRD
PT. Cikarang Listrindo
Jln. Jababeka Raya
Cikarang Utara

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari Harian Tribun Cikarang tanggal 4 Desember 2017 tentang adanya lowongan pekerjaan pada PT. Cikarang Listrindo. Dengan ini Saya bermaksud untuk melamar kerja pada bagian Administrasi (ADM) di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut ini adalah data singkat saya

Nama                           : Sujono
Tempat, Tanggal Lahir : Cikarang, 14 Desember 1992
Pendidikan Terakhir     : S1 Administrasi Perkantoran
Alamat                         : Jln. Anggrek No. 34 Cikarang Utara
Telepon (HP)                : 085267564534
Status                           : Lajang

Saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan mampu berbahasa Inggris dengan aktif. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu MS Office Word, Excell, Power Point, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup;
2. Foto copy Ijazah S1;
3. Foto copy Transkrip Nilai;
4. Foto copy KTP;
5. Foto copy Sertifikat kursus dan pelatihan;
6. Pas Foto terbaru.

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat dengan harapan dapat terkabul hendaknya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Sujono

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank Yang Baik dan Benar

Medan, 1 Januari 2018

Kepada Yth,
HRD BANK RAKYAT INDONESIA
Cabang Medan
Jln. Putri Hijau No 2
Medan

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja di Bank Rakyat Indonesia Cabang Medan bagian Customer Service, maka dengan ini saya:

Nama                           : Putri Rahayu
Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 10 Agustus 2017
Alamat                         : Jln. Mawar No. 53 Medan
No. Hp                         : 087756453452
Status                          : Lajang
Pendidikan Terakhir    : S1 Ekonomi Manajemen

Bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja pada posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas yang saya miliki :

1. Daftar Riwayat Hidup;
2. Foto copy Ijazah S1 yang sudah dilegalisir;
3. Foto copy Transkrip Nilai yang sudah dilegalisir;
4. Foto copy KTP;
5. Pas Foto terbaru dan Foto PostCard.

Demikianlah surat lamaran ini saya ajukan, sangat besar harapan saya untuk dapat bergabung di Bank Rakyat Indonesia yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan pertimbangannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Putri Rahayu

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Yang Baik dan Benar

Banda Aceh, 01 Januari 2018

Kepada Yth.
Bapak Walikota Banda Aceh
Di
Banda Aceh

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                             : Mirnawati, S.Pd
Tempat, Tanggal Lahir   : Banda Aceh, 01 Januari 1991
Jenis Kelamin                 : Perempuan
Agama                           : Islam
Pendidikan Terakhir      : S1 Universitas Syiah Kuala Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Alamat                           : Jln. Hasan Ali No. 54, Lueng Bata, Banda Aceh
Pekerjaan yang dilamar : Guru Matematika

Bersama ini kami mengajukan permohonan untuk dapatnya diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh. Berkaitan dengan hal tersebut, bersama ini kami sertakan kelengkapan berkas sebagai berikut :

1. Foto copy sah Ijazah terakhir sesuai dengan kualifikasi pendidikan;
2. Foto copy sah Transkrip Nilai sesuai dengan kualifikasi pendidikan;
3. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar;
4. Foto copy Sah Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning);
5. Asli Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah.

Demikian permohonan ini kami buat, besar harapan kami untuk dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh Tahun Anggaran 2018.

Hormat Kami,

Materai 6000

Mirnawati, S.Pd

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Yang Baik dan Benar

Badung, 01 Januari 2018

Kepada:
HRD AYANA Resort and Spa Bali
Jln. Karang Mas Sejahtera, Jimbaran,
Badung, Bali

Dengan Hormat,

Merujuk pada informasi yang saya dapatkan di Harian Bisnis tertanggal 25 Desember 2017 terkait adanya lowongan pekerjaan di AYANA Resort and Spa Bali, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : Melissa Putri, S.Par
Tempat, Tanggal Lahir  : Badung, 10 Mei 1996
Umur                             : 21 Tahun
Pendidikan Terakhir      : S-1 Pariwisata
No. Handphone            : 085367568943
Alamat                          : Jln. Anggrek No. 44, Badung, Bali

Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin untuk bergabung pada posisi sebagai Front Office Manager. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup;
2. Foto copy Ijazah S-1;
3. Foto copy Transkrip Nilai Legalisir;
4. Foto copy Kartu Tanda Penduduk;
5. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
6. Foto copy Surat Keterangan Dokter;
7. Pas Foto 4x6 2 lembar.

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, dengan harapan dapat diikutkan dalam rangkaian proses seleksi lebih lanjut. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak / Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,


Melissa Putri, S.Par.

Contoh Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Mr. Handoko
Head of human resources Division
PT Makmur Sentosa
Jln. Melati No. 22
Bekasi

Dear Mr Subroto:

Based on the ads in the magazine Business in 01st January 2018 there is a vacancy in your company as an accountant.

I believe that my 2 years accounting experience possible as your assets the company PT Makmur Sentosa, reach your company better.

I have completed my tax professional certification after graduating Bachelor's degree I 3 years ago. I am looking for a great opportunity and strong identification with high marks. My experience in accounting in the company previously like how I am responsible fully for the preparation of the company's monthly financial reports as for public reporting and management. In addition the annual report to shareholders is one of my skills that I can.

So I hope you will be free to view my cv or to contact my email muliasafitri95@gmail.com or free call me at + 6285365789429.

With Respect


Mulia Safitri

Artinya:

Tn. Handoko
Kepala Divisi sumber daya manusia
PT Makmur Sentosa
Jln. Melati No. 22
Bekasi

Dear Mr Subroto:

Berdasarkan iklan di majalah Bisnis di 01 st Januari 2018 ada lowongan pekerjaan di perusahaan Anda sebagai akuntan.

Saya percaya bahwa saya 2 tahun pengalaman akuntansi mungkin sebagai aset Anda perusahaan PT Makmur Sentosa, mencapai perusahaan Anda lebih baik.

Saya telah menyelesaikan saya sertifikasi profesional pajak setelah lulus sarjana saya 3 tahun yang lalu. Saya mencari kesempatan besar dan kuat identifikasi dengan tanda yang tinggi. Pengalaman saya akuntansi di perusahaan sebelumnya seperti bagaimana Saya bertanggung jawab sepenuhnya untuk persiapan di perusahaan itu dari bulanan laporan keuangan seperti untuk manajemen dan pelaporan yang umum. Selain itu laporan tahunan kepada pemegang saham adalah salah satu keterampilan saya bahwa saya bisa.

Jadi saya berharap Anda akan bebas lihat cv saya atau untuk menghubungi email saya di muliasafitri95@gmail.com atau bebas hubungi saya di +6285365789429.

Dengan Hormat


Mulia Safitri

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik dan Benar

Gambar untuk Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana Simple dan Menarik

Karawang, 01 Januari 2018

Hal : Permohonan Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan
PT.Tirta Investama
Jl. Raya Pangkal Perjuangan No. 9
Di Karawang

Dengan hormat,
Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                           : Rahmat Saputra
Tempat, Tanggal Lahir : Karawang, 22 Juni 1995
Umur                            : 22 Tahun
Pendidikan Terakhir     : S1 Ekonomi Akuntansi
Alamat                         : Jln. Asri No. 11 Karang
No. Hp                         : 082267890564

Saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya pekerja keras, rajin, jujur serta dapat bekerja secara mandiri maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut :

1. Daftar Riwayat Hidup;
2. Foto copy Ijazah S-1;
3. Foto copy Transkrip Nilai;
4. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP);
5. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
6. Foto copy Surat Keterangan Dokter;
7. Pas Foto Terbaru Ukuran 3x4 2 lembar.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Rahmat Saputra

Itulah beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar serta Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang dapat Admin sajikan kali ini untuk anda. Semoga contoh-contoh format surat lamaran pekerjaan di atas dapat menjadi referensi bagi anda dalam menulis surat lamaran. Jika dirasa contoh di atas berguna, silahkan like dan share kepada teman-teman kita yang lain melalui tombol di bawah ini. Terima kasih sudah singgah di situs loker 2018 ini dan semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel