Terbaru! Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja adalah postingan yang akan admin bagikan untuk anda pada kesempatan ini. Biasanya admin membagikan informasi tentang lowongan kerja terbaru 2016, namun pada kesempatan ini, karena mengingat banyaknya pencarian di Google tentang contoh daftar riwayat hidup untuk melamar kerja. Maka admin memutuskan untuk membuatkan postingan ini sebagai tambahan referensi bagi anda yang ingin membuat daftar riwayat hidup. Jadi jika anda membutuhkan referensi dalam membuat contoh surat daftar riwayat hidup ini, tetaplah di halaman ini karena disini admin akan membagikan berbagai macam contoh cv lamaran kerja untuk anda, seperti contoh daftar riwayat hidup tulis tangan, contoh daftar riwayat hidup sederhana, contoh daftar riwayat hidup bahasa Inggris, contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar, contoh daftar riwayat hidup terbaru dan menarik pastinya.

Gambar untuk Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja


Daftar riwayat hidup atau yang juga sering disebut CV (Curriculum Vitae) adalah merupakan catatan ataupun sebuah dokumen yang menggambarkan tentang diri pribadi seseorang secara singkat, latar belakang pendidikan, pengalaman seseorang serta kualifikasi lainnya. Dalam dunia kerja, keberadaan CV Lamaran kerja ini sangatlah dibutuhkan, karena dengan adanya daftar riwayat hidup inilah pihak perusahaan yang sedang mengadakan rekrutmen karyawan bisa mengenali latar belakang para pelamarnya.

Dewasa ini mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Persaingan dunia kerja semakin hari semakin meningkat bahkan bisa dikatakan sangat pesat, hal ini tentu dikarenakan pertumbuhan jumlah pelamar tidak sebanding dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia. Oleh karena itu, persiapan yang matang adalah merupakan modal utama supaya kita mampu bersaing dengan calon pelamar lainnya. Disamping itu, pembuatan daftar riwayat hidup yang baik dan benar pun juga ikut berperan penting dalam melamar pekerjaan. CV lamaran kerja yang baik, benar dan menarik tentunya akan bisa membuat pihak perusahaan untuk mempertimbangkan anda diterima pada perusahaannya. Lalu bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar?

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Pembuatan riwayat hidup yang baik dan benar pada dasarnya sangatlah mudah apabila kita mengetahui struktur, susunan atau bagian-bagian dari daftar riwayat hidup itu sendiri. Namun tidak sedikit orang yang kurang memperhatikan hal ini sehingga menghasilkan sebuah CV yang kurang baik dan menarik. Kesalahan-kesalahan seperti ini biasanya disebabkan karena hal yang sepele, bisa dikarenakan kurangnya informasi ataupun memang belum pernah membuat daftar riwayat hidup lamaran kerja. Namun anda tidak perlu berkecil hati, karena di halaman ini saya akan memberikan sedikit tips cara membuat cv lamaran kerja yang baik dan benar untuk anda sehingga bisa menghasilkan sebuah format daftar riwayat hidup yang baik, benar, terbaru dan menarik pastinya. Adapun tips membuat daftar riwayat hidup lamaran kerja adalah sebagai berikut :

1. Susunan

Hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan adalah susunan atau struktur dari sebuah CV. Sebuah cv lamaran kerja yang baik dan benar memiliki struktur sebagai berikut :

o Data Pribadi yang meliputi : nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, agama, status, alamat, nomor telepon dan email.
o Pendidikan yang dimulai dari pendidikan formal dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi dan dilanjutkan dengan pendidikan non formal seperti kursus atau pelatihan yang pernah diikuti.
o Kemampuan. Silahkan uraikan kemampuan-kemampuan yang anda miliki, lebih baik jika kemampuan tersebut memiliki hubungan dengan jenis pekerjaan yang sedang anda lamar.
o Pengalaman kerja. Uraikan juga pengalaman kerja anda yang dimulai dengan nama perusahaan, tahun mulai bekerja dan tahun berakhirnya.
o Tempat dan tanggal pembuatan daftar riwayat hidup
o Nama yang bersangkutan

2. Kejujuran

Hal pertama di atas tidak akan berarti jika anda mencantumkan hal-hal yang tidak sesuai dengan faktanya. Contohnya jika anda belum mempunyai pengalaman kerja, maka jangan sekali-sekali mencoba mencantumkan pengalaman kerja, hal ini akan membuat anda terjebak dengan ulah anda sendiri. Karena pada proses lanjutan biasanya pihak perusahaan akan meminta surat pengalaman kerja.

3. Penulisan

Terkadang sebuah perusahaan meminta kepada calon pelamar untuk membuat cv lamaran kerja yang ditulis tangan. Maka anda harus membuat cv tersebut dengan tulisan tangan, lebih baik jika anda sendiri yang menulisnya. Namun jika tidak ada permintaan khusus seperti itu, anda bisa membuatnya dengan diketik menggunakan MS Office Word dan memakai font yang bisa digunakan untuk penulisan surat-surat resmi seperti Arial dan Times New Roman.

Saya rasa itulah tiga hal yang penting untuk diperhatikan oleh seseorang yang ingin membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar. Dengan membuat cv lamaran kerja yang baik dan benar tentunya akan membuka kesempatan yang besar bagi calon pelamar untuk diterima pada perusahaan tempat ia melamar. Sangat mudah buka membuat daftar riwayat hidup lamaran kerja? namun jika masih bingung, mari kita simak beberapa contoh di bawah ini.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama Lengkap            : Suhardi
Tempat, Tanggal Lahir  : Banda Aceh, 20 Januari 1989
Jenis Kelamin              : Laki-Laki
Kewarganegaraan        : Indonesia
Agama                        : Islam
Status                         : Belum Menikah
Alamat                        : Jln. Lampoh Raya No. 45 Banda Aceh
No. Telpon                  : 0852 6078 9867
Email                          : suhardi89@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL

1. SD Negeri 1 Banda Aceh   : Tahun 1996 - 2002
2. SMP Negeri 1 Banda Aceh : Tahun 2002 - 2005
3. SMA Negeri 1 Banda Aceh : Tahun 2005 - 2008
4. S1 Fakultas Tehnik Universitas Syiah Kuala Banda Aceh : Tahun 2008 - 2012

PENDIDIKAN INFORMAL

1. Kursus Komputer di Banda Aceh : Tahun 2009
2. Kursus Programing di banda ACeh : Tahun 2010
2. Expert Language English di Banda Aceh : Tahun 2011

RIWAYAT PEKERJAAN

1. Maintenance di PT. Lestari Indah, Medan : Tahun 2012 - 2014

Demikian  daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Banda Aceh, 27 Oktober 2016


Suhardi

Contoh Daftar Riwayat Hidup Sederhana

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama Lengkap            : Ayu Santika
Tempat, Tanggal Lahir  : Banda Aceh, 11 Maret 1990
Jenis Kelamin              : Perempuan
Agama                        : Islam
Kewarganegaraan        : Indonesia
Status                        : Belum Menikah
Alamat                       : Jln. Merduati No. 33 Banda Aceh
No. Telpon                 : 0852 6056 6579
Email                         : ayusantika90@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL

1. Tahun 1997 - 2003 : SD Negeri 1 Banda Aceh
2. Tahun 2003 - 2006 : SMP Negeri 1 Banda Aceh
3. Tahun 2006 - 2009 : SMA Negeri 1 Banda Aceh
4. Tahun 2009 - 2013 : S1 Fakultas Ekonomi Akutansi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh 

PENDIDIKAN INFORMAL

1. Tahun 2010 : Kursus Komputer di Banda Aceh
2. Tahun 2011 : Kursus Pajak (Brevet A & B) di Banda Aceh
3. Tahun 2012 : Kursus Bahasa Inggris di Banda Aceh

KEMAMPUAN

1. Kemampuan Akuntansi (Accounting) yang meliputi Journal printing & Calculation, Project Data Updating, Ledger, Teller, Salary Calculation, Inventory Controls, Petty Cash Payroll & Calculation.
2. Kemampuan Komputer (Internet, MS Word, MS PowerPoint, MS Excel, MS Access dan MS Outlook)
3. Sistem Perpajakan

RIWAYAT PEKERJAAN

o Belum Pernah Bekerja

Demikian  daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Banda Aceh, 28 Oktober 2016


Ayu Santika

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

CURRICULUM VITAE (CV)

Personal Data

1. Full Name              : Muliani
2. Place Date of Birth : Banda Aceh, 14 Oktober 1993
3. Gender                  : Female
4. Marital Status         : Not Married
5. Last Education       : Universitas Syiah Kuala Of Banda Aceh
6. Address                : Jln. Sudirman No.32 Banda Aceh
7. No. Mobile            : 0813 5000 2300

Formal Education

1. (2000-2006) graduated from SD 1 Banda Aceh
2. (2006-2008) graduated from SMP 1 Banda Aceh
3. (2008-2010) graduated from SMAN 1 Banda Aceh
4. (2010-2015) graduated from Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Non Formal Education

1. (2011) Computer Course in Banda Aceh
2. 92012) English course in Banda Aceh

Ability

1. I can use a computer (MS Excel, MS Word, MS Power point)

Similarity, the resume I created with truth and truth can be accounted for.


(Muliani)

Demikianlah 3 contoh daftar riwayat hidup lamaran kerja yang dapat saya bagikan untuk anda pada kesempatan yang berbahagia ini. Data yang tercantum di dalam ketiga contoh cv di atas adalah fiktif, jadi silahkan disesuaikan dengan diri anda. Semoga daftar riwayat hidup ini bisa menjadi referensi bagi anda sehingga bisa membantu anda dalam mengerjakan cv lamaran kerja tersebut. Silahkan like dan share postingan ini kepada rekan-rekan kita yang lain jika memang postingan ini dirasa bermanfaat. Jika dibutuhkan, silahkan lihat juga contoh surat lamaran kerja di hotel, barangkali juga akan berguna untuk anda. Terima kasih telah berkunjung dan salam sukses dari http://ikhsan-blogs.blogspot.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel